Mengenal Website

Situs web (bahasa inggris: Web Site) atau sering disingkat dengan istilah situs. situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik terkait, terkadang disertai dengan berkas-berkas gambar, video. atau jenis jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal atau LAN melalui alamat internet yang dikenal dengan URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses pada publik diinternet disebut pula Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umunya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran ataupun mengklik code sampai iklan atau bahkan meminta pembayaran untuk menjadi anggota yang dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs situs berita, layanan email dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan inilah yang umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula diselipi dengan sekelumit bahasa skrip yang sulit untuk dimengerti. berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan pada web dan aspek privasi yang lebih baik lagi. situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.
Penemu situs web pertama adalah Sir Timothy John "Tim Berners-Lee" sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. maksud dari tim ketika merancang situs web adalah untuk mudah dalam tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti ditempat ia kerja. Pada tanggal 30 april 1993 mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.




Posting Komentar

0 Komentar