Kristalografi


Kristalografi adalah suatu cabang dari mineralogi yang mempelajari sistem-sistem kristal. suatu kristal dapat didefinisikan sebagai padatan yang esensial mempunyai pola difraksi tertentu (Senechal, 1995 dalam Hibbard, 2002). Jadi suatu kristal adalah suatu padatan dengan susunan atom yang berulang secara tiga dimensional yang dapat mendifraksi sinar x. kristal secara sederhana dapat didefiniksikan sebagai zat padat yang mempunyai susunan atom atau molekul yang teratur. Keteraturannya tercermin dalam permukaan kristal yang berupa bidang-bidang datar dan rata yang mengikuti pola pola tertentu. Keteraturan yang tercermin dibidang datar ini disebut sebagai bidang muka kristal. Sudut antara bidang bidang muka kristal yang saling berpotongan besarnya selalu tetap pada suatu kristal. Bidang muka kristal itu baik letak maupun arahnya ditentukan oleh perpotongannya dengan sumbu sumbu kristal. Dalam sebuah kristal, sumbu kristal berupa garis bayangan yang lurus dengan menembus kristal melalui pusat kristal. sumbu kristal tersebut mempunyai satuan panjang yang disebut dengan parameter.
Kristal adalah bahan padat yang bersifat homogen dan biasanya anisotrop tembus air karena kristal menuruti hukum-hukum ilmu pasti. Kristal sendiri dapat diartikan sebagai suatu padatan yang atom molekul, atau ion penyusunnya terhempas secara beraturan dan polanya berulang melebar secarqa tiga dimensi. Secara umum zat cair membentuk kristal ketika mengalami proses pemadatan akibat dari turunnya temperature dibagian lingkungan dari kristal.
Secara umum, zat cair membentuk kristal ketika mengalami proses pemadatan. Pada kondisi ideal hasilnya bisa berupa kristal tungga, yang semua atom-atom dalam padatannya terpasang pada sisi atau struktur kristal yang sama, tetapi secara umum kebanyakan kristal terbentuk secara simultan sehingga menghasilkan padatan polikristalin. Misalnya kebanyakan logam yang kita temui sehari hari merupakan polikristalin.
Struktur kristal mana yang akan terbentuk dari suatu carian tergantung pada unsur kimia, kondisi ketika terjadi pemadatan dan tekanan ambien. Proses terbentuknya struktur kristalin dikenal dengan nama kristalisasi.

Posting Komentar

0 Komentar