Rock Forming Mineral


Rock forming mineral atau mineral-mineral pembentuk suatu batuan adalah mineral penyusun suatu batuan dengan kata lain batuan yang terdiri dari berbagai macam mineral. ada juga batuan yang hanya memiliki satu mineral saja,. contohnya seperti kuarsit yang hanya terdiri dari mineral kuarsa. seberapa banyak mineral menyusun suatu batuan tergantung dari temperatur pendinginan serta bahan endapan dari suatu lingkungan itu sendiri.
Dalam proses pendinginan magma dimana magma tersebut tidak lansung membeku akan tetapi mengalami penurunan temperatur secara perlahan bahkan mungkin lebih cepat. penurunan temperatur inilah disertai mulainya pembekuan dan pengendapan mineral mineral tertentu yang sesuai dengan temperatur pembentuknya. contohnya pada suhu 1000o terbentuk mineral A dan pada suhu 800o terbentuk mineral B akan tetapi jumlah dari mineral A lebih besar dari jumlah mineral B. jadi disimpulkan bahwa semakin lama batuan sampai ke permukaan tanah jumlah mineral yang dihasilkan semakin sedikit. pembentukan mineral dalam magma karena penurunan temperatur telah disusun oleh bowen ( seri reaksi bowen)
Seri Reaksi Bowen
Norman L. Bowen melakukan penelitian dan menemukan bahwa mineral mineral terbentuk dari magma yang mengkristal karena suhu magma yang menurun (kristalisasi fraksional). kecepatan pendinginan dan suhu akan menentukan ciri dan sifat mineral yang akan terbentuk. dalam kecepatan pendinginan yang lambat, maka akan terbentuk mineral yang bentuk dan ukuran kristalnya lebih besar dari pada mineral yang terbentuk lebih besar dari pada mineral yang terbentuk dari magma yang mendingin dengan cepat. Dalam penemuan tersebut Normal L Bowen membuat suatu deret reaksi pembentukan mineral yang disebut dengan deret reaksi bowen. Deret reaksi ini berisi tentang urutan urutan pembentukan mineral dan pendinginan magma dan perbedaan kandungan magma dengan asumsi dasar semua magma berasal dari magma induk yang bersifat basa, Terbentuknya mineral ini biasanya terjadi pada batuan beku karena terjadi dari pendinginan magma secara lansung. 
Dari dalam deret bowen ini ada informasi yang cukup penting dalam proses terbentuknya mineral yang pertama adalah suhu, ketika magma mengalami penurunan suhu karena perjalanan ke permukaan bumi maka mineral mineral pada saat itu terbentuk, peristiwa terbentuknya mineral mineral tersebut disebut dengan reaksi penghabluran. yang kedua adalah sifat mineral terbentuk. mineral yang pertama kali terbentuk bersifat basa atau mafik yang tersusun dari unsur unsur magnesium, ferrun dan kalsium. Misalnya olivine dan piroksen kemudian terbentuk mineral mineral intermediet dan yang terakhir terbentuk mineral mineral yang bersifat asam atau felsik.
Selanjutnya dari deret bowen ini dapat memberi informasi bahwa semakin rendah suhu pembentukannya atau semakin kebawah deret reaksi ini maka mineral yang terbentuk memiliki resisntensi yang semakin tinggi, semua hal tersebut sebenarnya hanya disebabkan karena perbedaan suhu pada saat terbentuknya mineral dari magma yang mendingin.
Deret ini terbagi menjadi 2 yaitu continous dan discontinous. Dalam deret discontinous terbentuk dari satu mineral yang berubah ke mineral lain dengan melakukan reaksi terhadap sisa larutan magma pada rentang suhu tertentu, Deret ini dibangun dari mienral fero magnesium silikat. Diawali dari pembentukan mineral olivine yang merupaka  mineral satu satunya yang stabil pada atau dibawah suhu 1800oC. Apabila olivine dilanjutkan bereaksi maka larutan magma akan membentuk piroksen pada suhu 1100oC. Jika suhu menurun lagi pada 900oC maka akan terbentuk amphibole. Deret discontinous ini akan berakhir jika biotite telah mengkristal pada suhu 600oC. hal ini terjadi karena semua ferrum dan magnesium dalam larutan magma telah habis digunkaan untuk membentuk mineral sebelumnya. Bila pendinginan yang terjadi terlalu cepat maka mineral tidak bisa bereaksi sepenuhnya dengan sisa magma sehingga terbentuk selubung yang tersusun dari mineral mineral yang terbentuk setelahnya contohnya olivine selubungnya piroksen. piroksen ke amphibole, begitupun seterusnya.
Dalam deret kontinyu, mineral yang terbentuk pertama kali akan berperan dalam pembentuk mineral selanjtnya, Deret ini disusun oleh feldspar plagioklas. Misalnya plagioklas yang kada akan sodium tercipta terlebih dahulu baru kemudian plagioklas itu akan bereaksi dengan sisa larutan magma bersamaan dengan turunnya suhu berlanjut reaksi dengan peningkatan bertahap dalam pembentukan natruim yang mengandung feldspar sampai titik kesetimbangan tercapat pada suhu 900oC. saat magma mendingin dan kalsium kehabisan ion feldspar didominasi oleh pembentukan sodium feldspar hingga suhu sekitar 600oC feldspar dengan hampir 100% sodium terbentuk sehingga terbentuk plagioklas yang kaya akan sodium, demikian seterusnya reaksi ini berlansung sampai semua kalsium dan sodium habis bereaksi, karena mineral awal bereaksi secara terus menerus maka plagioklas terus ikut bereaksi hingga akhirnya pun habis, Oleh karena itu plagioklas yang kayak sodium atau kalsium sangat sulit ditemukan dialam bebas. Akan tetapi jika pendinginan terlalu cepat maka plagioklas yang terbentuk akan banyak mengandung kalsium yang dikelilingi oleh plagioklas yang kaya akan sodium, mineral yang akan terbentuk pada deret ini adlah anortite, bitownit, labradorit, andesin, oligoklas dan terakhir adalah albite.
Jadi, jika kedua deret tersebut telah berakhir dan seluruh ferrum, magnesium, sodium dan kalsium telah habis maka yang tersisa adalah pottasium, allumina, silika. semua unsur yang tersisisa tersebut akan bergabung dan membentuk orthoclase potasium feldspar dan akan membentuk muscovite apalagi tekanan air cukup tinggi dan sisa dari larutan magma yang sebagian besar mengandung silika dan karena adanya campuran dari oksigen maka akan membentuk kuarsa. 

Posting Komentar

0 Komentar