Arus Turbidit

Gambar : Arus Turbidit

Arus turbidit adalah arus yang memiliki laju yang kuat. Hal ini disebabkan oleh jatuhan batuan yang berasal dari lereng. Umumnya arus turbidit terjadi pada bagian dalam danau, laut dll. Arus yang kuat inilah yang membuat bagian dalam pengendapan terdapat struktur graded bedding karena arus ini membawa material material yang memiliki ukuran yang besar.
Arus turbidit ini dipengaruhi oleh gaya deformasi yang menyebabkan terjadinya gempa sehingga dapat membuat material material yang terdapat pada lereng dapat jatuh dan akibat gaya gravitasi, material tadi jatuh dengan kekuatanan yang besar. Arus turbidit terjadi secara tiba-tiba dan fenomena yang singkat. Arus ini dapat juga terbentuk saat pasir dan lumpur yang terjadi pada daerah continental shelf dan slope yang terlepas dan bisa juga terbentuk oleh badai. Gaya deformasi yang membuat terjadinya arus turbidit ini menyebabkan juga terjadinya pull apart basin atau membelahnya suatu lempeng benua sehingga menyebabkan terjadinya danau.
Arus turbidit ini menghasilkan perselingan tipis yang bersifat ritmis antara batuan berbutir kasar dan batuan berbutir halus dengan ketebalan lapisan beberapa milimeter sampai dengan ketebalan puluhan sentimeter. Umumnya perselingan ini terjadi pada batupasir dan batuserpih atau bisa juga pada batupasir dan batulempung. Batas atas dan bawah terbentuk lapisan datar tanpa memiliki adanya penggerusan.

Posting Komentar

0 Komentar